Logo inilahcom
Logo Inilah Kehidupan

Meneladani Umar bin Abdul Aziz

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Selasa, 5 September 2017 | 01:01 WIB
(Foto: smstauhiid)


ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt. Semoga Allah Yang Maha Menatap, menggolongkan kita sebagai ahli takwa, karena dengan ketakwaan kita bisa meraih kemuliaan di sisi Allah Swt. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.



Saudaraku, Umar bin Abdul Aziz adalah keturunan dari Umar bin Khoththob. Semoga Allah meridhoi keduanya. Ada suatu pelajaran berharga dari sosok Umar bin Abdul Aziz. Yaitu manakala beliau mendapatkan jabatan tertinggi di tengah-tengah kaum muslimin yaitu menjadiAamiirul Mukminin,maka beliau semakin merunduk di hadapan Allah, hidupnya semakin tawadhu, bersahaja dan sederhana.



Setelah menjadi pemimpin tertinggi kaum muslimin, tidak ada sama sekali kemewahan dan kemegahan yang menempel pada diri beliau. Padahal jika melihat jabatan atau kedudukannya saat itu, sangatlah mudah baginya untuk hidup bergelimang kemewahan. Namun, beliau memilih hidup dalamwarodanzuhud terhadap dunia. Akan tetapi meski begitu, hanya dalam kurun waktu 4 (empat) tahun saja untuk membawa kaum muslimin pada kehidupan yang sejahtera. Dan, beliau wafat dalam usia yang tergolong masih muda. Husnul khotimah.



Beliau meraih kemuliaan bukan karena kedudukannya semata, melainkan karena sikap amanah, tanggungjawab, ketawadhuan, dan ketakwaannya kepada Allah Swt.



Allah Swt. berfirman, Dan barang siapa yang taat kepada Allah dan Rosul-Nya dan takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya, maka mereka adalah orang- orang yang mendapat kemenangan.(QS. An Nuur [24] : 52)



Marilah kita teladani beliau dalam meraih kemuliaan di sisi Allah Swt. Berhati-hati dalam hidup, menjalankan perintah Allah dan menjauhi setiap apa yang Allah larang untuk kita kerjakan. Semoga kita termasuk orang-orang yang mulia di hadapan Allah Swt.Aamiin yaa Robbal alamiin.[smstauhiid]

Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Title Agenda
Senin, 19 Mei 2014
Selasa, 20 Mei 2014
Rabu, 21 Mei 2014