Logo inilahcom
Logo Inilah Kehidupan

Tiga Bentuk Rezeki

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Kamis, 14 September 2017 | 01:30 WIB
(Foto: Ilustrasi)


ALHAMDULILLAH. Puji dan syukur hanya kepada Allah Swt, Dzat Yang Maha Pemberi Rezeki kepada seluruh makhluk. Hanya kepada Allah kita menyembah dan hanya kepada-Nya kita akan kembali. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada kekasih Allah, baginda Nabi Muhammad Saw.



Saudaraku, kita yakin Allah Maha Pemberi Rezeki. Jika kita mentafakuri bagaimana Allah mencukupi rezeki kita, maka rezeki bisa kita klasifikasikan kepada tiga.



Pertama,rezeki yang dijamin oleh Allah Swt. Misalnya adalah rezeki penguat tubuh. Rumusnya, ada nafas ada rezeki. Jadi sepanjang kita masih bernafas, maka sepanjang itu pula rezeki kita terjamin. Minimal adalah udara. Sewaktu kita masih berada di dalam rahim ibu, rezeki kita terjamin. Rezeki yang mendatangi kita, bukan sebaliknya.Maasyaa Allah!



Setelah kita dewasa, rezeki itu tersebar di berbagai tepat di bumi ini. Tinggal kita memilih, mau yang halal atau yang haram. Mau memilih susu atau memilih minuman keras. Mau memilih daging sapi atau daging babi.Insyaa Allah,kita adalah orang-orang yang hanya memilih yang halal sebagaimana petunjuk Allah Swt.



Kedua,rezeki yang digantungkan. Rezeki Allah itu sudah pasti ada, tinggal kita ikhtiar menjemputnya. Nah, kalau ikhtiar kita sesuai dengan jalan Allah, maka Allah akan memberi petunjuk untuk sampai kepadanya. Dalam ikhtiar kita, Allah akan berikan rasa tenang dan semua proses yang kita jalani menjadi amal sholeh.



Sedangkan ikhtiar yang menyalahi jalan Allah, seperti mencuri atau menipu, maka sejak prosesnya sudah diliputi dengan kegelisahan, tidak menjadi amal sholeh, dan jika bertemu dengan rezeki maka jatuhnya menjadi haram. Oleh karena itu, tinggal kita memilih apakah mau mengambil cara yang halal atau cara yang haram.



Ketiga,rezeki yang dijanjikan. Ada orang yang khawatir jika rezekinya sedikit. Tidak apa-apa rezeki sedikit, yang terpenting adalah berkah dan senantiasa dicukupkan oleh Allah Swt, tidak pernah kekurangan, bahkan masih bisa berbagi kepada sesama. Inilah rezeki orang yang pandai bersyukur. Allah Swt menjanjikan bahwa rezeki orang yang bersyukur akan dilipatgandakan, sebagai mana firman-Nya,Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu..(QS. Ibrohim [14] : 7)



Ketika mendapatkan rezeki, ada rasa senang. Disisihkan sebagian untuk bersedekah. Mungkin rumah tidak besar, harta tidak banyak, tapi membantu orang lain tidak pernah berhenti. Inilah yang membuat rezeki yang sedikit namun mengalir terus beserta manfaat dan keberkahannya. Karena rezeki itu ada tiga; yang dimakan menjadi kotoran, yang dipakai menjadi usang, dan yang disedekahkan di jalan Allah Swt.



Demikianlah, Allah Swt. melimpahkan rezeki kepada seluruh makhluk-Nya. Semoga kita termasuk orang-orang yang pandai bersyukur atas setiap rezeki yang kita peroleh.Aamiin yaa Robbal aalamin. [smstauhiid]

Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Title Agenda
Senin, 19 Mei 2014
Selasa, 20 Mei 2014
Rabu, 21 Mei 2014