Logo inilahcom
Logo Inilah Kehidupan

Allah Maha Dekat

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Kamis, 12 Oktober 2017 | 01:05 WIB
(Foto: Ilustrasi)


ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt, penguasa seluruh alam semesta. Dialah Allah Yang Maha Dekat dan Maha Mengetahui segala kebutuhan seluruh makhluk-Nya. Hanya kepada Allah kita menyembah dan memohon pertolongan. Sholawat dan salam semoga selaulu terlimpah kepada baginda Nabi Muhammad Saw.



Saudaraku, salah satu nama Allah yang mulia adalahAl Qoriib,Allah Yang Maha Dekat. Nah, yang membuat manusia resah, gelisah, galau dan tidak bahagia adalah karena ia banyak berharap kepada yang jauh, bukan kepada Yang Maha Dekat yaitu Allah Swt.



Di dalam Al Quran, Allah Swt berfirman, Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.(QS. Al Baqoroh [2] : 186)



Kedekatan Allah dengan kita jelas berbeda dengan kedekatan kita dengan sesama makhluk. Allah Swt bersemayam di atas Arys, namun kekuasaan-Nya dan pengetahuan-Nya dekat dengan kita. Apapun yang kita lakukan sekecil apapun, Allah menyaksikan. Apapun yang kita bisikkan sekalipun itu di dalam hati, maka Allah mendengarnya. Allah mengetahui segalanya.



Jika kita tafakuri kondisi zaman saat ini yang sudah maju dengan teknologi, maka kita akan saksikan satelit yang berada jauh di ruang angkasa mampu merekam berbagai peristiwa di satu tempat dan membagikannya ke tempat lain. Kita pun mengenal CCTV yang ada di berbagai tempat, mampu merekam berbagai kejadian sehingga orang yang berada di tempat lain bisa menyaksikannya. Inilah teknologi hasil kecerdasan manusia.



Semua alat-alat perekam itu membuat manusia jadi lebih berhati-hati, takut tindak-tanduknya diketahui orang lain. Padahal tidak perlu takut jika yang dilakukannya adalah kebenaran dan kebaikan.



Banyak manusia yang menjaga sikapnya karena tahu ada alat buatan manusia yang sedang menyorotnya. Namun, saat alat itu tidak ada, maka dia bersikap sekehendak hawa nafsunya. Padahal tidak demikian jika ia meyakini Allah Maha Dekat. Orang yang berbuat kejahatan adalah karena ia tidak yakin kepada Allah, tidak yakin Allah senantiasa mendengar dan menyaksikan perbuatannya.



Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa yakin bahwa Allah Maha Dekat, sehingga sikap kita selalu terjaga, jauh dari perbuatan maksiat dan dosa.Aamiin yaa Robbal aalamin. [smstauhiid]

Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Title Agenda
Senin, 19 Mei 2014
Selasa, 20 Mei 2014
Rabu, 21 Mei 2014