Logo inilahcom
Logo Inilah Kehidupan

Apa yang Allah Tahu

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Jumat, 12 Januari 2018 | 01:11 WIB
(Foto: ilustrasi)


ALHAMDULILLAH. Segala puji hanya milik Allah Swt, Dzat Yang Maha Agung lagi Maha Mulia. Hanya kepada Allah kita memohon dan hanya kepada-Nya kita akan kembali. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda Nabi Muhammad Saw.



Allah Swt berfirman,Katakanlah: Cukuplah Allah menjadi saksi antaraku dan antaramu. Dia mengetahui apa yang di langit dan di bumi..(QS. Al Ankabut [29] : 52)



Saudaraku, jika kita mentafakuri apa yang Allah Swt ketahui dari diri kita, maka akan sangat besar efeknya pada kita. Mengapa? Karena sesungguhnya tiada yang luput sedikitpun dari pengetahuan Allah. Serapat mungkin kita merahasiakan sesuatu dari orang lain, maka tidak ada yang bisa menghalangi rahasia tersebut dari pengetahuan Allah.



Mentafakuri apa yang Allah dari diri kita akan membuat kita sibuk, yaitu sibuk dengan apa yang Allah ketahui dari diri kita. Biasanya kita sibuk dengan apa yang orang lain ketahui dari diri kita, sehingga kita berupaya membagus-baguskan ucapan, perbuatan, penampilan kita namun lupa dengan isi dari diri kita. Padahal Allah mengetahui niat apa yang sesungguhnya ada di hati kita. Allah tahu kejelekan mata kita. Allah tahu apa yang kita ucapkan beda dengan yang kita lakukan. Allah tahu apa yang sedang kita pikirkan saat berhadapan dengan orang lain. Allah tahu maksiat yang sembunyi-sembunyi kita lakukan. Allah tahu seluruhnya tentang diri kita.



Jika kita menyadari kebenaran ini, maka kita akan sangat berhati-hati dalam memelihara diri kita sendiri. Kita akan sangat hati-hati menjaga hati, ucapan dan perbuatan kita agar terhindar dari dosa. Kita pun akan senantiasa waspada terhadap urusan-urusan yang tidak Allah sukai.



Semakin kita mentafakuri tentang apa yang Allah ketahui dari diri kita, maka kita akan sangat mudah menangis. Menangisi dosa-dosa kita. Kita pun akan mudah bertaubat, mentaubati dosa-dosa kita. Dan, ini adalah karunia yang sangat berharga. Karena tidak sedikit orang yang keras hatinya, menganggap dosa sebagai hal yang biasa.Naudzubillaahimindzalik.



Semoga Allah Swt. melimpahkan pertolongan kepada kita sehingga kita tergolong orang-orang yang selamat dari dosa.Aamiin yaa Robbalaalamiin. [smstauhiid]



Silahkan isi kode keamanan berikut
Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
Title Agenda
Senin, 19 Mei 2014
Selasa, 20 Mei 2014
Rabu, 21 Mei 2014